Unordered List

Vitamin dan Nutrisi dari alam

Vitamin dan Nutrisi dari alam - Sadar atau tidak, disekitar kita banyak sekali sumber vitamin dan nutrisi yang dapat membantu tubuh untuk tetap sehat, menjaga nutrisi tubuh bahkan untuk menyembuhkan penyakit. Berikut ini adalah beberapa sumber vitamin dan nutrisi bagi tubuh yang dapat ditemukan di sekitar kita.

Kangkung

Kangkung termasuk sayur yang sangat populer. Kangkung ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan.

Kangkung memang berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun di tubuh. Biasanya kangkung dibuat tumis, cah, atau lalap. Resep makanan kangkung yang paling terkenal adalah kangkung balacan.

 

Ikan Saluan (Wader)

8h49d9t0

Ikan saluang/wader pada umumnya dimanfaatkan untuk dikonsumsi secara lokal sebagai lauk. Di Kalimantan ada yang menjadikan saluang sebagai menu utamanya, rata-rata saluang yang dikonsumsi hasil tangkapan dari alam liar lantaran masih sangat jarang yang membudidayakan ikan kecil ini.

Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. Diluar negeri ikan ini telah memiliki nilai komersial yang cukup tinggi sebagai ikan hias.

 

Lele

Lele terdiri dari banyak spesies. Lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan kalang (Sumatra Barat), ikan maut (Gayo dan Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keeling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah).

Ikan lele memiliki kandungan protein yang cukup tinggi didalamnya yaitu sekitar 17%, ikan ini juga memiliki berbagai macam asam lemak esensial yang dapat mencukupi kebutuhan asam lemak harian kita sekitar 9%. Namun batasi konsumsi ikan ini, karena kandungan kolesterolnya juga lumayan tinggi.

 

Cakalang

dzgpn8gv

Penyebaran cakalang atau ikan tuna di perairan Indonesia meliputi Samudra Hindia (perairan Barat Sumatra, selatan Jawa, Bali, Nusa Tenggara), Perairan Indonesia bagian Timur (Laut Sulawesi, Maluku, Arafuru, Banda, Flores dan Selat Makassar) dan Samudra Pasifik (perairan Utara Irian Jaya).

Ikan Tuna sangat bergizi dan merupakan sumber protein, niacin, selenium, triptofan yang banyak. Ikan Tuna juga kaya akan fosfor, kalium, lemak asam omega-3, magnesium, tiamin, vitamin B6. Ikan Tuna meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menjaga rasio yang baik antara HDL dan kolesterol berbahaya LDL.

 

Udang

Ternyata mengkonsumsi udang memiliki beragam manfaat. Yaitu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kecerdasan otak, sampai membantu program diet. Udang merupakan sumber protein yang padat nutrisi dan sangat rendah lemak. Kolesterol yang terkandung dalam udang sangat dibutuhkan untuk keseimbangan homocysteine bagi Anda yang aktif berolahraga, udang juga mengandung antioksidan yang cukup kuat, yaitu selenium yang dapat melindungi risiko kebotakan dan kanker. Banyak cara untuk mengolah udang salah satunya dengan membuat udang gulai Jakarta.

 

Masih banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh, beberapa diantaranya adalah berikut ini. Semoga artikel Vitamin dan Nutrisi dari alam ini bermanfaat untuk anda, tetaplah hidup sehat dan terimakasih.


Share This Article


1 Response to "Vitamin dan Nutrisi dari alam"

  1. terbukti indonesia memang negara yang kaya akan sumber nutrisi alami.
    tips mengatasi maag

    ReplyDelete

wdcfawqafwef