Unordered List

10 Cara Melawan Bau Mulut

Cara menanggulangi bau mulut | Apa sih yang lebih memalukan daripada sisa-sia bayam atau cabai yang tertinggal diantara gigi dan terlihat di sebuah senyum lebar? ya, bau mulut.

Halitosis. Bau tak sedap yang berasal dari mulut. Tentu saja, ini bukan keadaan darurat medis tapi sekitar 25 hingga 30 persen dari populasi dunia menderita masalah menyedihkan ini.

Baca juga : Deteksi Penyakit Dengan Bau Mulut

Asal muasal bau mulut bukanlah sebuah misteri : gigi berlubang, penyakit gusi, kebersihan mulut yang buruk, lapisan lidah (lapisan berwarna kuning atau putih di lidah, biasanya karena peradangan) adalah yang paling umum. Ratusan bahkan ribuan bakteri hidup di mulut kita dan beberapa dari mereka –di lidah atau dibawah garis gusi atau di kantung gusi/gigi berlubang, contohnya – menciptakan bau belerang. Penyebab lainnya mungkin termasuk (pemecahan lemak memberikan nafas anda bau buah), diabetes yang tidak terkontrol, dan mulut kering. Infeksi seperti radang tenggorokan, sinusitis atau gangguan usus seperti mulas dan intoleransi laktosa juga dapat menyebabkan bau mulut.

mx34BE0

Makanan dan minuman juga dapat menyebabkan bau mulut, seprti bawang putih, bawang merah, daun bawang, kopi dan alkohol. Perokok juga mengalami masalah bau mulut ini. Apapun penyebabnya, pengobatan untuk gangguan ini akan saya bagikan di bawah ini.

Berikut ini adalah 10 cara untuk melawan/mengurangi bau mulut :

  1. Jika anda memakai gigi palsu, copotlah ketika malam hari dan bersihkan untuk menghilangkan penumpukan bakteri dari makanan atau minuman.
  2. Banyak minum air putih dan berkumur dengan air dingin dapat membantu anda untuk menyegarkan “nafas pagi”.
  3. Sikat gigi anda setelah makan dan juga gunakan benang gigi, sebaiknya 2 kali sehari.
  4. Ganti sikat gigi anda setiap 2-3 bulan sekali.
  5. Jadwalkan pergi ke dokter gigi secara rutin untuk cek dan membersihkan gigi.
  6. Sikat/usap lidah anda setiap pagi dengan pengusap lidah (biasanya di punggung sikat gigi) atau gunakan sendok untuk mengurangi bakteri, jamur dan sel-sel yang mati yang dapat menyebabkan bau mulut. Tahan ujung lidah dengan kasa untuk menariknya kedepan supaya lebih mudah dibersihkan.
  7. Mengunyah beberapa siung biji adas. Kualitas antiseptik biji adas dapat membantu anda melawan bakteri penyebab bau mulut
  8. Mengunyah sepotong lemon atau kulit jeruk untuk menyegarkan mulut (cuci kulit jeruk terlebih dahulu). Asam sitrat akan merangsang kelenjar ludah dan melawan bau mulut.
  9. Mengunyah setangkai kemangi segar, mint atau ketumbar. Klorofil dalam tanaman hijau dapat menetralkan bau.
  10. Cobalah 30 detik berkumur dengan obat kumur tanpa alkohol. Campur secangkir air dengan satu sendok teh baking soda (yang akan mengubah tingkat pH dan melawan bau mulut) dan beberapa tetes minyak peppermint antimikroba. Ingat JANGAN DITELAN!

Share This Article


0 Response to "10 Cara Melawan Bau Mulut"

Post a Comment

wdcfawqafwef